Soal

  1. Apakah strategi yang digunakan oleh Southwest? Apakah basis yang digunakan sebagai landasan untuk membangun keunggulan kompetitifnya?
  2. Bagaimana sistem pengendalian Southwest membantu melaksanakan strategi perusahan?

Jawab

  1. Strategi yang digunakan oleh Southwest adalah strategi struktur biaya operasi paling rendah (low cost). Dengan menggunakan strategi ini dapat dihasilkan biaya operasi rendah sehingga membuat harga ongkos penerbangan ynag ditawarkan pada konsumen relatif rendah secara konsisten. Penggunaan pendekatan short-haul atau trayek pendek dan point-to-point, tidak memiliki tempat duduk yang dijatahkan, membayar awak menurut trayek dan penggunaan bandara ynag kurang padat mendukung strategi low cost yang digunakan perusahaan. Dengan strategi low cost tersebut, Southwest mampu memberikan biaya per reservasi melalui internet lebih rendah daripada menggunakan agen perjalanan. Basis yang digunakan oleh Southwest yaitu terletak pada budaya organisasi yang diterapkan oleh perusahaan yakni bersifat kekeluargaan. Prinsip yang mendasari budaya organisasi yaitu membuat karyawan merasa senang dan nyaman dalam bekerja sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Selain itu, para karyawan juga memiliki 10 persen dari saham perusahaan sehingga mereka merasa memiliki perusahaan tersebut.
  2. Sistem pengendalian Southwest yaitu sistem pengendalian tugas yang diterapkan pada proses recruitment karyawan baru. Proses penerimaan oleh perusahaan cukup unik, rekan-rekan menyaring kandidat dan melakukan wawancara, pilot menerima pilot, dan petugas pintu gerbang menerima petugas pintu gerbang. Southwest melakukan perekrutan atas dasar sikap (attitude) selaras dengan kecerdasan. Untuk lebih memahami apa yang dicari oleh perusahaan, Southwest mewawancarai karyawannya yang tertinggi dalam setiap fungsi kerja dan mengidentifikasi kekuatan umum mereka, kemudian menggunakan profil-profil ini untuk mengudentifikasi kandidat paling berkualifikasi selama proses wawancara. Hasil dari proses recruitment tersebut dapat menjamin bahwa tugas-tugas yang nantinya akan diemban oleh karyawan baru Southwest dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dengan demikian, hal ini dapat membantu pelaksanaan strategi perusahaan.