Soal

  1. Bagaimana Anda akan mengevaluasi kompensasi Nordstorm dan sistem lain yang mendukung strateginya?
  2. Bagaimana Anda akan menasihati Anita Lamont mengenai kompensasi karyawannya?

Jawab

  1. Kompensasi yang diberikan oleh Nordstorm bagi karyawannya sudah dianggap cukup baik. Dengan diberikannya berbagai keyamanan untuk memuaskan karyawan mereka sendiri. Dengan kata lain, kompensasi Nordstorm dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan pelayanan pelanggan. Kompensasi tersebut digunakan Nordstorm sebagai strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan tingkat penjualan per tahunnya. Untuk itu Nordstorm membuat sistem yang nantinya akan mendukung strateginya tersebut. Dari sistem yang Nordstorm buat, terdapat kelebihan diantaranya:
  • Manajemen piramida terbalik

Sistem ini memberikan keterangan kepada karyawan bahwa dalam setiap pekerjaannya harus bersikap ramah dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Yang menjadi inti dari sistem ini adalah memberikan pelayanan yang terbaik, baik kepada karyawan maupun pelanggan.

  • Komisi

Memotivasi karyawan untuk bekerja lebih giat dan lebih serius. Dengan keseriusan dan kerajinan karyawan, nantinya akan memperoleh hasil yang memuaskan juga bagi karyawan itu sendiri.

  • Retur tanpa syarat

Sistem ini memiliki dua sisi, satu sisi memberikan keyamanan bagi pelanggan, tetapi di sisi lain hal ini bisa saja menjadi masalah baru yang akan muncul bila digunakan oleh orang yang salah. Dengan kata lain, adanya penyalahgunaan retur tersebut.

  • Penghargaan

Memberikan motivasi bagi karyawan untuk memaksimalkan aksinya dalam perusahaan. Mengetahui karyawan mana yang mempunyai keahlian lebih.

  • Pengakuan

Membuat para karyawan merasa dihormati dengan adanya pengakuan dan tidak merasa direndahkan.

  • Heroik

Sistem ini seolah mempersatukan karyawan dengan pelanggan, dan membuat pelanggan itu ingin kembali lagi ke toko mereka untuk berbelanja.

Di samping adanya kelebihan, sistem yang diterapkan Nordstorm pun memiliki kekurangan yaitu dengan memberi kebebasan berlebih kepada karyawan untuk menentukan sendiri pelayanan seperti apa yang seharusnya diberikan kepada pelanggan. Selain itu, karyawan juga memiliki tugas lain untuk melayani pelanggan di luar jam kerja dan hal ini mengurangi waktu luang mereka. Namun, dalam hal ini karyawan tidak diberikan kompensasi atas kerja kerasnya dalam melayani karyawan di luar jam kerja.

2.   Kompensasi yang seharusnya diberikan oleh Anita Lamont kepada karyawan dan pelanggan yaitu berupa:

  • Pemberian kompensasi sesuai dengan kinerja karyawannya.
  • Memberikan penghargaan dan pengakuan sesuai dengan seberapa banyaknya karyawan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, dengan begitu karyawan akan termotivasi dalam mengerjakan tugasnya.
  • Memberikan pelatihan kepada karyawan guna meningkatkan kualitas karyawan dalam melayani pelangga, hal ini dapat mengurangi keluhan yang selalu meningkat setiap waktunya. Melatih karyawan agar dapat memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan.
  • Meningkatkan kualitas produk untuk memuaskan pelanggan.

Kompensasi di atas akan sudah cukup baik untuk diterapkan di perusahaannya, namun hal yang perlu diperhatikan oleh Anita dalam pelaksanaan kompensasi adalah dengan tidak memberikan kebebasan yang berlebih kepada karyawan seperti apa yang dilakukan oleh Nordstorm yang pada akhirnya membawa kekacauan di Nordstorm.